Tips Menjadi Figur Ayah Yang Baik

Tips Menjadi Figur Ayah Yang Baik  - Pada saatnya, setiap laki laki akan menjadi seorang ayah bagi anak anaknya. Ketika sudah menjadi seorang ayah, sudah pasti pria harus bisa menjadi sosok ayah yang baik bagi anak anaknya. Dalam keluarga, sosok seorang ayah sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan buah hatinya. Perkembangan seorang anak tak lepas bagaimana cara orang tua dalam memberi perhatian, kasih sayang dan juga pendidikan.

Ikatan emosional yang ada pada seorang ayah dengan anak salah satunya di tentukan bagaimana interakasi antara ayah dan anak. Jika interaksi antara ayah dan anak terjadi dengan sangat baik, maka akan berpengaruh positif pada kecerdasan emosional seorang anak yang nantinya bisa membuat anak tumbuh menjadi seorang dewasa yang baik pula.

Tips Menjadi Figur Ayah Yang Baik

Bagaimana menjadi sosok seorang ayah yang baik di mata anak anaknya? Di bawah ini ada beberapa hal yang perlu di lakukan oleh ayah supaya kelak anak anak tumbuh dan berkembang dengan baik serta memiliki kepribadian yang baik pula.

1. Menghormati ibu dari anak-anak
Sikap saling menghormati harus di contohkan seorang ayah kepada anak anaknya dan  salah satu cara yang bisa di lakukan oleh seorang ayah untuk anak anaknya adalah dengan menghargai ibu mereka. Jika seorang ayah dan ibu bisa saling menghargai satu sama lain dan anak menyaksikan, maka sikap saling menghargai ini bisa membentuk lingkungan yang aman dan nyaman bagi anak anak. Ketika anak-anak menyaksikan kalau orang tuanya bisa saling menghargai satu sama lain, maka anak anak akan merasa lebih diterima dan juga merasa dihargai.

2. Memiliki waktu untuk bersama dengan anak-anak
Apabila ayah meluangkan waktu untuk bersama anak anak, hal ini merupakan bukti bahwa anak anak menjadi bagian penting bagi kehidupan seorang ayah. Jika seorang ayah lebih sibuk pada hal yang lain, anak anak akan merasa diabaikan. Walaupun meluangkan waktu supaya bisa bersama dengan anak anak adakalanya harus mengorbankan hal lain, namun hal ini akan sangat berarti. Anak-anak bisa tumbuh dengan baik dan kesempatan yang terlewatkan bisa hilang selamanya.

3. Mendengarkan apa yang ingin anak anak sampaikan
Tidak sedikit orang tua yang berbicara kepada anak anaknya hanya pada saat anak anak telah melakukan satu kesalahan. Hal ini bisa menimbulkan kesan ngeri pada anak anak. Maka itu, mulailah berbicara atau ngobrol dengan anak anak ketika mereka masih sangat kecil supaya hal hal yang di anggap sulit untuk di bicarakan pun bisa di selesaikan. Ayah yang baik selalu punya waktu dan mendengarkan apa yang ingin di sampaikan oleh anak anaknya. 

4. Tanamkan Disiplin Dengan Rasa Cinta dan Kasih Sayang
Semua anak memerlukan arahan, nasehat serta disiplin dan bukan sebuah hukuman. Walau begitu, kadang hukuman juga diperlukan supaya anak anak menjadi lebih disiplun. Namun, lakukan dengan cara yang tepat. Ingatkan kepada anak anak dampak dari perbuatannya dan berilah hadiah atau pujian apabila anak anak bertindak baik dan benar. Jika ayah mendisiplinkan anaknya dengan tenang tapi tegas, hal ini  memperlihatkan bahwa ayah memiliki perhatian serta rasa kasih sayang kepada anak-anaknya.

5. Menjadi Panutan
Di sadari atau tidak, pada dasarnya setiap laki laki yang sudah menjadi seorang ayah akan menjadi panutan bagi anaknya. Anak perempuan yang punya banyak waktu untuk bersama ayah yang menyayanginya kelak akan tumbuh dan tahu kalau dirinya berhak untuk diperlakukan secara hormat dan baik oleh lelaki, dan sosok serta nilai apa yang dicari dari seorang laki laki yang kelak menjadi suaminya.

Sedangkan Ayah yang memiliki anak laki laki bisa mengajarkan anak laki-lakinya tentang hal-hal yang penting untuk kehidupan lalu mempraktekkan dan memperlihatkannya kepada mereka, seperti soal kejujuran, atau tanggung jawab

6. Seorang Guru
Tidak sedikit para ayah yang memiliki pemikiran bahwa mengajar adalah sesuatu yang dilakukan untuk orang lain. Namun, seorang ayah yang mengajarkan kepada anaknya tentang hal yang benar dan salah dapat mendorong mereka supaya bisa melakukan hal yang terbaik dan akan melihat anaknya membuat pilihan yang baik. Anda bisa memakai contoh dalam kehidupan sehari-hari untuk membantu anak-anak agar mempelajari hal-hal dan nilai-nilai dasar dalam kehidupan.

7. Makan Bersama Keluarga
Memiliki waktu bersama seperti makan bersama sekeluarga baik saat sarapan, makan siang atau makan malam merupakan hal yang penting dalam kehidupan berkeluarga yang sehat. Pada kesempatan tersebut bisa menjadi satu kesempatan bagi anak untuk berbicara mengenai apa saja yang mereka lakukan dan apa yang ingin dilakukannya. Saat makan bersama juga menjadi kesempatan yang baik untuk seorang ayah misalnya mendengarkan apa yang ingin di sampaikan oleh anak anak atau ingin memberikan saran atau nasihat kepada anak anaknya. Makan bersama keluarga adalah waktu berkualitas bagi sebuah keluarga karena bisa berkumpul bersama setiap hari.

8. Membacakan Cerita Untuk Mereka
Disaat sekarang ini biasanya anak anak senang  nonton TV dan kadang acara acara di televisi bisa mendominasi kehidupan anak-anak. Atau mungkin juga lebih suka main game di gadget. Hal yang penting bagi seorang ayah supaya meluangkan waktu untuk membacakan cerita kepada anaknya. Cara paling baik bagi anak untuk belajar adalah dengan melakukan dan membaca, serta dengan melihat dan mendengar. Oleh karena itu, Anda bisa mulai membacakan cerita kepada anak ketika mereka masih kecil. Pada saat anak anak mulai besar, seorang ayah bisa menganjurkan anaknya untuk membaca sendiri. Menumbuhkan  minat suka membaca kepada anak merupakan salah satu cara terbaik untuk mengarahkan mereka supaya memiliki kehidupan dan perkembangan karir yang baik.

9. Perlihatkan Rasa Kasih Sayang
Setiap orang ingin merasa aman dan nyaman dalam kehidupannya. Anak-anak juga membutuhkan rasa aman dan nyaman yang mereka peroleh dan rasakan ketika mereka merasa diinginkan, diterima dan disayangi oleh keluarganya. Para orang tua, terutama ayah, sebaiknya merasa nyaman dan berkeinginan untuk memeluk mereka. Menunjukkan rasa kasih sayang kepada anak anaknya merupakan cara terbaik bagi ayah dan mereka akan tahu kalau Anda menyayanginya.

10. Tugas Seorang Ayah Tidak Pernah Berakhir
Walaupun anak anak sudah tumbuh dewasa dan mungkin sudah siap untuk meninggalkan rumah karena memiliki kehidupan baru, seorang anak akan tetap kembali kepada ayahnya untuk mencari kearifan/kebijaksanaan serta saran dari ayahnya. Setiap ayah akan terus memiliki peran penting dalam kehidupan anak anaknya pada saat mereka tumbuh dan mungkin jika mereka akan atau sudah menikah dan membangun keluarganya sendiri.



Demikian informasi Tips Menjadi Figur Ayah Yang Baik, konten lain yang berhubungan dengan postingan Tips Menjadi Figur Ayah Yang Baik dapat Anda cari dipostingan terbaru yang ada di bawah ini,terimakasih.

Bagikan ke :
Facebook Tweet Google+ Digg