Tips Orang Tua : Agar Anak Tidak Berkata Jorok Dan Kotor

Tips Orang Tua : Agar Anak Tidak Berkata Jorok Dan Kotor – Rumah merupakan tempat pendidikan pertama bagi anak anak. Apapun yang anak lakukan atau bicarakan biasanya karena pengaruh orang orang yang ada di sekelilingnya baik dari perkataan atau mungkin dari tingkah laku, Hal ini karena anak anak cenderung untuk meniru apa yang pernah mereka lihat dan dengar. Sehingga sangat penting sekali bagi orang tua dan juga orang orang yang ada di lingkungan sekitar anak agar berhati hati dalam berperilaku. Bagaimana jika anak anak suka berkata kotor dan jorok? Tanpa orang tua sadari, bisa saja orang tua juga pernah berbicara jorok dan di dengar oleh anak anak nya yang kemudian anak menirunya.

Selain itu, perkataan dari orang orang yang ada di lingkungan anak juga berperan pada Kebiasaan anak dalam berkata kata. Tentu sangat miris apabila Anda sebagai orang tua memiliki anak yang suka berbicara jorok atau kotor. Agar anak tidak berbicara jorok, ada beberapa cara yang bisa di lakukan oleh orang tua.


Tips Agar Anak Tidak Berkata Jorok Dan Kotor


Hal mendasar dalam mengajarkan anak aturan komunikasi yang baik adalah dengan membiasakan mereka berkata sopan. Nah, bagian ini biasanya susah-susang gampang. Mengapa? Sebab, setelah Anda bersusah-payah mengajari anak bersikap atau berkata sopan di rumah, masih ada kemungkinan anak memelajari kata-kata “jorok” dari teman-teman di sekolah atau pengasuhnya.

Jika Anda ingin anak mengatakan hal yang baik, lakukanlah hal yang sama. Jangan mengumpat, menghujat, menghina, dan mengatakan hal negatif di depan anak. Entah itu mengenai diri Anda, orang lain, atau anak sendiri.

Di bawah ini ada beberapa aturan dasar yang harus diterapkan pada anak bagaimana seharusnya berkomunikasi dengan orang lain seperti dikutip dari buku Talkinc Points for Parents .

1.Bicara dengan Jelas
Ajari anak agar tidak bicara terbata-bata, volume suara yang terlalu rendah/tinggi/cepat/lambat, sambil makan, atau tidak memerhatikan objek yang sedang diajak berbicara (saat mengobrol mata anak memerhatikan hal lain).

2.Pendengar yang Baik
Tidak sabaran sudah menjadi sifat anak-anak. Terutama saat mereka sedang berbicara. Mereka kerap memotong pembicaraan orangtua atau mengalihkan pembicaraan dengan topik lain.

Jika anak melakukannya, katakan dengan lembut, “Ketika ada orang yang berbicara denganmu, dengarkan baik-baik. Tatap matanya dan jangan tidak peduli. ” Barulah setelah lawan bicara selesai bicara, anak boleh mengungkapkan isi hatinya.

3.Tidak Berkata Kasar
Anak-anak seperti spons . Mereka bisa dengan cepat menyerap apa yang ada di sekitarnya, seperti halnya “kata-kata kotor”. Katakan kepada anak, kalau setiap tindakan dan ucapan ada konsekuensinya. Jika anak berkata kasar kepada temannya, bisa jadi temannya marah dan tidak mau lagi bermain dengannya.

4.Jangan Memanggil Orang Lain dengan Buruk
Saat anak melihat seseorang yang bertubuh gemuk dan berkata, “Dasar gembrot!” Jelaskan bahwa ucapannya sama dengan menghina. Lalu, tanyakan bagaimana perasaannya jika ia mengalami hal yang sama.

Sebaliknya, jika ada anak atau orang lain yang mengatainya, ajarkan agar ia tidak membalasnya. “Melainkan, hampiri orang itu dan katakan kalau kamu tidak suka dipanggil demikian.”

5.Jangan Bergosip
Hal ini dimulai dari orangtua. Beri anak teladan dengan tidak membiasakan membicarakan keburukan orang lain dengan siapapun dan di manapun.



Demikian informasi Tips Orang Tua : Agar Anak Tidak Berkata Jorok Dan Kotor, konten lain yang berhubungan dengan postingan Tips Orang Tua : Agar Anak Tidak Berkata Jorok Dan Kotor dapat Anda cari dipostingan terbaru yang ada di bawah ini,terimakasih.

Bagikan ke :
Facebook Tweet Google+ Digg