Cara Tepat Memberi Pengetahuan Seks Kepada Anak Anak

Cara Tepat Memberi Pengetahuan Seks Kepada Anak Anak – Seringkali anak anak mendapat informasi seks dari sumber sumber yang tidak bisa di pertanggungjawabkan yang justru akan merusak anak itu sendiri. Karena tidak mendapatkan informasi yang tepat mengenai seksualitas sesuai usia mereka, anak anak yang memasuki usia remaja justru mencari sendiri info seks dari media media yang lebih mengarah ke pornografi yang justru bisa berakibat negatif. Padahal orang tua juga bisa berperan memberi pengetahuan seks kepada anak anaknya dengan bahasa yang sederhana sesuai usia mereka.

Kebanyakan orang tua memang agak bingung dan merasa kesulitan kalau ingin membicarakan seks dengan anak anaknya yang sudah menginjak usia remaja. Padahal berdiskusi tentang seks secara jujur kepada anak anak juga penting. Apabila anak tahu tentang seks sejak dini, dapat terhindar dari pergaulan bebas yang bisa menyebabkan terjadinya kehamilan di luar nikah dan juga penularan penyakit kelamin.

Memberi Pengetahuan Seks Kepada Anak Anak


Di bawah ini cara tepat mendidik anak tentang seks yang tujuannya agar anak tidak terjerumus ke dalam pergaulan bebas.

1. Biarkan Topik Datang Secara Alami
Kebanyakan ibu  merasa kebingungan kapan waktu yang tepat untuk membicarakan Seks kepada anak perempuannya. Seorang Psikoterapis terkenal bernama Janine J. Sherman, mengatakan bahwa seorang ibu memang tidak harus melakukan pembicaraan mengenai seks kepada anaknta secara khusus. Biarkan saja topik tersebut berjalan seiring dengan perkembangan anak.

“Misalnya saja pada saat mereka melihat seseorang perempuan yang sedang hamil dan bertanya bagaimana hal tersebut bisa terjadi, Anda bisa menjelaskannya secara sederhana. Sebagai contoh, ketika saya sedang mengandung anak bungsu, anak sulung saya bertanya bagaimana adiknya nanti keluar, lalu saya hanya menjawab ia keluar melalui jalur khusus. Saat itu anak saya berpikir satu menit dan menjawab oke,” ujar Janine dikutip dari She Knows.

Janine juga menambahkan, kuncinya adalah dengan memberitahukan pengetahuan seks dalam keadaan spontan dan orang tua tidak harus duduk berdua lalu mendiskusikannya secara khusus. Ciptakan situasi yang nyaman supaya anak mudah mengerti.

“Ibu harus mulai memberitahukan pengetahuan yang terkait seks dengan anak perempuannya sejak dini mungkin saat di kebun binatang atau kapanpun saat ia mengajukan pertanyaa. Bahkan ketika tubuh putri Anda mulai berubah, seorang ibu harus mengupayakan untuk memberitahukan anaknya mengenai hubungan percintaan dan seks,” tambahnya.

2. Seks Harus Menunggu
Jelaskan bahwa seks harus menunggu waktu yang tepat. Ketika anak perempuan beranjak remaja ingatkan bahwa mereka harus menunggu untuk tidak Berhubungan Seks.

“Beritahukan kepada anak bahwa seks dilakukan saat sudah dewasa dan dalam hubungan yang berkomitmen. Kedua ajarkan anak bahwa seks bukan berarti cinta, karena gadis-gadis muda saat ini sulit membedakan mana cinta dan seks,” jelas Janine.

3. Ajari Anak untuk Selalu Terbuka dengan Anda
Banyak anak perempuan yang tidak nyaman membicarakan tentang seks dengan ibu mereka. Hal itu mungkin karena Anda terlalu posesif dan insecure. Jika ingin anak selalu bersikap terbuka, sebaiknya buat suasana tetap santai dan hindari memperlihatkan kekhawatiran Anda.

“Jika anak merasa tidak nyaman berbicara tentang seks coba cari topik lain agar dia lebih terbuka. Anda bisa mendengarkan pandangannya mengenai selebriti, seorang pria, hingga bagaimana hubungan asmara itu dimulai. Ketika anak mulai terbuka coba dengarkan dan berikan pengarahan secara perlahan,” tutur Janine.

4. Pastikan Putri Anda Paham
Pastikan bahwa buah hati tercinta paham dengan apa yang Anda jelaskan. Ketika berbicara dengan putri Anda, penting menekankan tentang kesehatan seksual dan masa depan mereka. Pastikan juga anak paham bahwa saat ia memutuskan berhubungan seks di luar hubungan berkomitmen maka bisa timbul masalah seperti kehamilan dini atau penyakit kelamin. ( sumber detik )


Minum Fiforlif
Usus Sehat Perut Ramping



https://goo.gl/vry8kV



Bagikan ke :
Facebook Tweet Google+ Digg